Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal

Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal - Hallo sahabat Milagros, Pada sharing Milagros kali ini yang bertema Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal, saya telah menyediakan Milagros lengkap dengan secara update dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan isi artikel Milagros yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia Milagrosnya.

Topik : Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal
Judul : Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal

lihat juga


Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal

Obat menjadi penyelamat Anda saat sakit. Saat Anda pusing, demam, batuk, pilek, nyeri, pegal-pegal, atau masalah kesehatan lainnya yang membuat Anda tidak nyaman, Anda pasti langsung mencari obat tanpa resep dokter di apotek atau toko obat. Obat-obatan ini bahkan mungkin sering Anda bawa ke mana saja, saat Anda bepergian, sebagai antisipasi jika merasa sakit. Namun, hati-hati karena pemakaian obat-obatan tentu dapat membawa dampak pada tubuh Anda, termasuk pada ginjal. Efek obat pada ginjal ini dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bagaimana efek obat pada ginjal?


Ginjal merupakan organ yang bertugas sebagai penyaring (filter), mengeluarkan sisa-sisa zat yang tidak dibutuhkan tubuh lagi. Di dalam ginjal terdapat jutaan struktur kecil atau unit penyaringan yang disebut dengan nefron. Nefron ini membantu ginjal menyaring hingga 200 liter darah dalam sehari.
Obat dan produk akhir dari obat merupakan salah satu zat yang disaring oleh ginjal. Saat Anda minum obat, obat akan larut dalam usus dan terserap ke dalam aliran darah. Selanjutnya, obat akan sampai ke ginjal dan disaring oleh ginjal untuk diserap kembali ke dalam aliran darah. Maka tidak heran bila ginjal yang terus terpapar dengan obat-obatan dosis tinggi dapat mengalami kerusakan.
Dosis obat yang tinggi dapat memiliki efek berbahaya pada jaringan dan struktur ginjal. Beberapa cara obat memengaruhi ginjal adalah:

  • Dengan mengurangi aliran darah ke ginjal dengan cara mengecilkan pembuluh darah
  • Mengganggu aliran urin
  • Menyebabkan luka pada ginjal
  • Menyebabkan reaksi alergi yang dapat merusak ginjal

Kerusakan ginjal dapat membuat kerja ginjal menjadi tidak efisien dalam menyaring berbagai zat setiap hari, termasuk racun. Racun yang harusnya dibuang oleh ginjal, malah tidak terbuang dan akhirnya menumpuk di berbagai jaringan dalam tubuh.

Obat-obatan apa saja yang lebih berisiko mengakibatkan kerusakan ginjal?


Walaupun semua obat dapat mengakibatkan kerusakan ginjal jika digunakan secara berlebihan, tapi ada beberapa jenis obat yang lebih bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Obat-obatan tersebut adalah:

  • Obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen, serta aspirin dan ibuprofen (termasuk dalam golongan obat nonsteroid antiperadangan)
  • Antibiotik, seperti aminoglycosides, cephalosporins, sulfonamides, amphotericin B , bacitracin , dan vancomycin
  • Obat tekanan darah tinggi tertentu, seperti captopril, lisinopril, ramipril, candesartan, dan valsartan
  • Obat yang digunakan untuk kemoterapi, seperti cisplatin, carboplatin, methotrexate, cyclosporine, dan tacrolimus
  • Obat rematik, seperti infliximab
  • Obat asam lambung, seperti cimetidine


Bagaimana mencegah efek obat pada ginjal?


Penggunaan obat mungkin tidak dapat Anda hindari. Obat dapat membantu Anda untuk meredakan rasa sakit yang Anda rasakan. Namun, terlalu banyak atau sering minum obat juga tidak baik bagi kesehatan ginjal Anda.
Orang yang sering mengonsumsi banyak obat di masa mudanya dapat mempunyai risiko kerusakan ginjal yang lebih tinggi pada usia tua. Orang yang lebih tua juga dapat memiliki reaksi yang lebih kuat terhadap obat karena fungsi ginjal makin menurun, sehingga dosis obat perlu dikurangi.
Selain itu, orang yang menderita diabetes atau penyakit jantung yang sering minum obat juga dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Tak hanya obat, konsumsi suplemen yang terlalu sering juga berhubungan dengan kerusakan ginjal.
Untuk mengurangi risiko kerusakan ginjal, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  • Hindari pengobatan sendiri, tanpa berkonsultasi dengan dokter
  • Biasakan untuk selalu membaca label, petunjuk penggunaan obat, dan peringatan sebelum Anda minum obat, terutama obat bebas tanpa resep dokter
  • Jangan biasakan diri Anda untuk selalu minum obat dalam kondisi tertentu, seperti obat tidur atau obat penghilang rasa sakit. Jangan terlalu sering atau ketergantungan dengan obat.
  • Konsumsi obat jangka panjang sebaiknya dalam pengawasan dokter
  • Minum air secukupnya untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi saat menggunakan obat-obatan.
  • Jangan minum minuman beralkohol
  • Hindari minum obat penghilang rasa sakit saat hamil    

Sayangilah ginjal anda..
Milagros Adalah air yang sangat direkomendasikan sebagai air yang berkualitas untuk menjaga fungsi  ginjal kita.

MASIHKAH KITA BERFIKIR PANJANG TENTANG HARGA JIKA ITU SANGAT KITA BUTUHKAN UNTUK MENJAGA KESEHATAN DAN FUNGSI ORGAN GINJAL YG SANGAT PENTING BAGI TUBUH KITA.

BACA JUGA "PENYAKIT GINJAL"

Salam Sehat, Sukses, dan Sejahtera untuk kita semua.




Demikianlah Artikel Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal

Sekian info Milagros Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan info Milagros kali ini.

Anda sedang membaca artikel Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal dan artikel ini url permalinknya adalah http://airmilagrosmesuji.blogspot.com/2017/05/awas-keseringan-minum-obat-bisa.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal"

Post a Comment